9/26/2010


Magister Teknologi Pendidikan

Pendahuluan

Kecenderungan perkembangan masyarakat di masa datang diantisipasi sebagai era teknologi, informasi dan globalisasi yang berakar pada kualitas sumber daya manusia (SDM). Sistem kehidupan sosial, ekonomi, politik, ilmu, teknologi, seni dan bahkan agama, sangat dipengaruhi oleh perkembangan SDM dan masyarakatnya. Masyarakat atau negara yang mampu mengembangkan SDM yang unggul akan berhasil dalam kerja sama maupun persaingan global, sedangkan sebaliknya, masyarakat dan negara yang tertinggal dalam pengembangan SDM-nya akan mandek, mungkin tergeser bahkan tersingkir dari percaturan global.

Dalam kaitan dengan pengembangan SDM yang unggul, maka kedudukan pendidikan menjadi semakin penting, karena tidak ada negara menjadi maju tanpa pendidikan. Bahkan globalisasi yang melahirkan Knowledge Society (masyarakat ilmu) sangat identik dengan marketing ilmu dan teknologi, dibanding yang lainnya, sehingga pengembangan pendidikan tinggi ke depan tidak dapat dipisahkan dai prediksi perkembangan ekonomi global pada masa yang akan datang.

Beranjak dari pemikiran tersebut di atas, Universitas Islam As-Syafi’iyah (UIA) sebagai lembaga yang menyelenggarakan tri darma perguruan tinggi yang didasarkan nilai-nilai keislaman mempunyai kepedulian untuk menjawab tantangan tersebut. Melalui pelahiran program studi magister teknologi pendidikan diharapkan dapat membantu pemerintah menghasilkan sumber daya manusia yang memiliki kemampuan dan penguasaan tentang sistem teknologi pendidikan serta mampu mengembangkan teknologi pendidikan yang manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat luas.

Visi

Menyiapkan sumber daya manusia pendidikan yang berkualitas yang memadukan zikir dan pikir dalam bidang teknologi pendidikan yang bercirikan: kreatif, inovatif, adaptif dan partisipatif pada bidang keilmuan yang terus berubah dan berkembanq dalam era globalisasi.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan yang profesional melalui sistem pendidikan yang berkualitas dan berkelanjutan.
  2. Menghasilkan sumber daya manusia pendidikan profesional yang mengerti bagaimana mengelola institusi pendidikan dengan karakteristik yang variatif.
  3. Membangun komunitas moral dan intelektual yang selalu siap dengan berbagai tantangan dan perubahan.
  4. Melahirkan sumber daya manusia yang berkualitas, bertanggung jawab dan berpihak pada kepentingan masyarakat melalui sistem pendidikan yang profesional dan berkelanjutan.

Tujuan

Memberikan pengalaman studi yang menuju ke arah keahlian akademik dan menghasilkan lulusan magister dalam bidang teknologi pendidikan yang memiliki:

  1. Kemampuan dan penguasaan tentang sistem teknologi pendidikan (technology in education system)
  2. Kemampuan dalam pengembangan dan pemanfaatan teknologi pendidikan