12/24/2010

Ujian University of Cambridge

REFERENSI & RESOURCES

Banyak jalan untuk mendapatkan legalitas/sertifikasi/ijazah untuk anak-anak homeschooling. Selain menggunakan jalur pendidikan kesetaraan yang diselenggarakan oleh Depdiknas, anak-anak HS dapat menempuh jalur sertifikasi internasional; salah satunya adalah Ujian yang diselenggaraakn oleh University of Cambridge.

GraduationBerikut ini petikan informasi mengenai ujian University of Cambridge yang disarikan dari situs resmi University of Cambridge Examinations :

University of Cambridge International Examinations (CIE) adalah sebuah lembaga non-profit yang merupakan bagian dari University of Cambridge. Lembaga ini menyediakan ujian kualifikasi internasional untuk anak usia 14-19 tahun.

CIE memiliki banyak kualifikasi dan program, mulai yang bersifat umum (biasanya diambil melalui sekolah), hingga kualifikasi vokasional dan pengembangan profesional untuk para guru.


JENJANG UJIAN
Ada empat jenjang ujian yang diselenggarakan oleh CIE, yaitu: Primary (5-11 tahun); Lower Secondary (11-14 tahun); Middle Secondary (14-16 tahun); dan Upper Secondary (16-18 tahun).

Setiap jenjang memiliki beberapa program. Pada jenjang Primary (kelas 1-6), ada Cambridge International Primary Programme. Materi yang diujikan pada tingkat primary adalah English, Math, dan Science. Ujian pada tingkat Primary diselenggarakan untuk kelas 3, 4, 5, dan 6. Ujian ini bersifat optional. Keterangan lengkap mengenai Primary Level.

Pada jenjang Lower Secondary (kelas 7-9)), ada Lower Secondary Programme dan Cambridge Checkpoint. Pada Lower Secondary Programme, yang diujikan adalah Math, English, dan Science. Ujian tingkat 7 dan 8, bersifat optional. Di akhir tingkat (kelas 9), siswa dapat mengikuti ujian Cambridge Checkpoint yang dapat diambil terpisah (tanpa mengikuti ujian tingkat di bawahnya) sebelum mereka melanjutkan ke jenjang IGCSE/O Level. Keterangan lengkap Lower Secondary Level.

Pada jenjang Middle Secondary (kelas 10-12), ada Cambridge O Level dan Cambridge IGCSE. The General Certificate of Education (Ordinary Level), atau O Level, adalah ujian akhir sekolah yang diselenggarakan di berbagai negara, seperti Singapore, Brunei, dll. Ujian pada O Level biasanya terdiri 7 sampai 9 mata pelajaran. Nilai yang diperoleh dari ujian O Level diterima di berbagai universitas.
Keterangan tentang O Level.

IGCSE (The International General Certificate of Secondary Education) adalah salah satu tes yang diakui perguruan tinggi di berbagai penjuru dunia. IGCSE setara dengan O Level. IGCSE disesuaikan untuk kebutuhan multi-kultural, multi-lingual. Materi yang dapat dipilih siswa sangat beragam, ada banyak sekali mata pelajaran yang dapat diambil sesuai kebutuhan/minat siswa.
Keterangan tentang Cambridge IGCSE.

Untuk jenjang Upper Secondary, ada ujian International A and AS Level. Jenjang ini merupakan kelanjutan IGCSE. Nilai yang bagus pada jenjang ini sangat penting untuk pendaftaran di universitas-universitas penting di dunia. Nilai yang bagus dapat menjadi kredit yang diakui di berbagai universitas di Amerika Serikat dan Kanada. Ujian pada jenjang ini menggunakan berbagai proses untuk melengkapi ujian tertulis, antara lain: lisan, praktek, project; disesuikan dengan mata pelajaran yang diambil. Ujian AS level merupakan setengah dari program A Level dan bersifat pilihan.