11/23/2010

POTRET AKTIVITAS TUTOR DAN MAHASISWA DALAM TUTORIAL ONLINE UNIVERSITAS TERBUKA

Artikel ini ditulis oleh: Any Meilani (Universitas Terbuka)

Tutorial Online (Tuton) merupakan salah satu jenis tutorial yang disediakan Universitas Terbuka (UT) bagi mahasiswa. Program Studi Manajemen sudah menyediakan tutorial online sejak masa registrasi 2002.2 sampai saat ini. Berdasarkan pengamatan, tutor yang mengelola tutorial online kurang aktif, begitu juga mahasiswa yang memanfaatkan tutorial online relatif sedikit. Idealnya, kegiatan tutorial online akan optimal apabila ada interaksi atau komunikasi antara tutor dengan peserta tutorial dan antar peserta tutorial. Interaksi dan komunikasi ini merupakan inti dari tutorial (Wardani, 2000). Berdasarkan hal tersebut, maka dilakukan studi untuk memperoleh gambaran aktivitas tutor dan mahasiswa yang mengikuti tutorial online.
Pada masa registrasi 2004.2, program studi mengirimkan kuesioner kepada tutor yang mengelola tutorial online dan kepada seluruh peserta tutorial online via e-mail.
Dari hasil studi terungkap bahwa 75% tutor tidak menyediakan Rancangan Aktivitas Tutorial (RAT) dan Matriks Aktivitas Tutorial (MAT) sebelum melaksanakan tutorial, walaupun 95% tutor sudah menyediakan materi inisiasi, sebesar 90% tutor sudah menyiapkan tugas, serta sebesar 65% tutor sudah menyediakan forum diskusi . Selain itu, ditemukan juga aktivitas tutor lainnya, seperti ketepatan waktu tutor dalam menjawab pertanyaan mahasiswa, frekuensi tutor dalam membuka web site UT, cara tutor mengelola forum diskusi dan lain-lain. Dari segi mahasiswa, ditemukan bahwa sebanyak 32% mahasiswa tergolong pasif dimana mereka hanya membaca, baik materi inisiasi, pertanyaan, komentar maupun tanggapan dari tutor dan peserta tutorial tanpa melakukan aktivitas lainnya dan sebanyak 5,8% mahasiswa tergolong aktif dimana mereka mengajukan pertanyaan, komentar atau tanggapan atas pertanyaan atau isu yang dilemparkan tutor atau menangggapi komentar atau jawaban dari peserta tutorial lainnya serta menjawab tugas yang diberikan tutor. Ditemukan juga bahwa mahasiswa sudah membaca Buku Materi Modul (BMP) sebelum mereka mengikuti tutorial, manfaat tutorial online bagi mahasiswa serta kendala yang dihadapi mahasiswa dalam kegiatan tutorial online.